Tips Cek Kualitas Bangunan Ketika Membeli Rumah

Ini penting, cek mutu bangunan ketika akan membeli rumah, bagus rumah baru apalagi rumah seken. Bukan apa-apa, elemen kenyamanan dan keamanan merupakan hal yang perlu diamati pada sebuah hunian, termasuk juga dari sisi keindahan. Jangan hingga baru beli rumah dan baru ditempati telah wajib renovasi.

Untuk rumah seken, usia bangunannya perlu diamati. Padahal untuk rumah baru, kamu perlu teliti memeriksa spesifikasi bangunannya. Bukan apa-apa, ada segelintir oknum kontraktor nakal yang menyenangi menurunkan spesifikasi atau mengirit bahan bangunan. Akhirnya, mutu bangunan rendah dan tidak sesuai seperti yang dijanjikan.

Kwalitas bangunan memang tergantung pada spesifikasi bahan bangunan dan metode membangunnya. Untuk rumah baru spesifikasi bahan bangunannya umumnya dicantumkan pada brosur rumah. Melainkan juga jangan gampang percaya pada spesifikasi yang tertera di brosur, karena brosur sewaktu-waktu dapat saja diubah secara sepihak oleh pengembang.

Jangan pula mudah tergiur oleh mulut manis staf pemasaran perumahan, apalagi sekiranya rumahnya bukan ready stock alias inden. Jikalau rumahnya bukan ready stock atau inden maka kamu perlu mengajukan beberapa pertanyaann kepada pihak pengembang guna mengecek kwalitas bangunannya. Apabila Anda kurang mengerti istilah teknis atau perihal material bahan bangunan, ajak orang yang mengerti, seumpama jasa tukang bangunan di manado.

- Berapa ukuran rumah hakekatnya Seandainya perlu lakukan penilaian sendiri.
- Apa bahan-bahan yang dipakai untuk pondasi, dinding, lantai, genteng, dan plafon.
- Bahan tipe apa saja yang digunakan untuk kusen dan rangka atapnya.
- Berapa ukuran besi cor yang diaplikasikan. Rumah yang kuat minimal mengaplikasikan besi ukuran diameter 8mm.
- Apa jenis kabel listrik yang diterapkan dan berapa daya listrik yang disediakan.
- Berapa tinggi plafon rumah. Plafon yang rendah membuat rumah menjadi gerah.
- Bagaimana cara sirkulasi udara dan sanitasinya.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut perlu diajukan, agar semenjak dini kamu bisa mengenal situasi rumah yang sesungguhnya. Jangan hingga angsuran KPR belum lunas, melainkan rumah telah wajib direnovasi.